Minggu, 07 Juli 2013

Blog Your Mind


opening
Akhirnya! Acara yang selama ini begitu diperjuangkan oleh teman-teman Loenpia.net akhirnya terealisasikan dengan sukses. Tanggal 29 Juli 2006 kemarin telah diadakan acara bertajuk “Blog Your Mind! : Pelatihan Jurnalisme Publik Melalui Media Blog“? hasil kerjasama anatara Komunitas Blogger Semarang Loenpia.netbersama Kelompok Diskusi Wartawan (KDW) Jawa Tengah dengan Telkom Divre 4 sebagai pihak sponsor.
Acara bertempat di Gedung Kopegtel Telkom Jalan Pemuda 150 Semarang, dimulai sekitar pukul 8.00 dan dibagi menjadi 2 sesi besar, pertama adalah materi tentang Jurnalisme yang dibawakan oleh Ketua KDW Bpk. Saronji dan mbak Sonya Helen dari Harian Kompas. Materi yang dibahas oleh Bpk. Saronji antara lain tentang Jurnalisme secara umum, kode etik wartawan, organisasi jurnalistik di Indonesia serta penjelasan tentang berbagai macam jenis media cetak, sedangkan oleh Mbak Helen dibawakan materi tentang teknik teknik bagaimana membuat tulisan khas yang layak saji seperti menyangkut tentang standar 5W1H (what, when, where, who, why and how).
Sesi selanjutnya kami menginjak ke inti acara yaitu pelatihan membuat blog. Jadi setelah peserta mengetahui bagaimana jurnalisme dan teknik pembuatan tulisan yang baik, sekarang saatnya bagi mereka untuk memperlihatkannya pada dunia (or at least, pada teman sebelahnya). Sure, bagi sebagian pembaca mungkin bertanya “bikin blog saja diajari?”? Tapi tunggu dulu, belum semua orang tersentuh oleh this phenomenon so-called Blog ini. Yah, itulah inti dari acara ini, mem-blogkan masyarakat dan memasyarakatkan Blog (kok kayak slogan senam SKJ dulu ya?). Sebenarnya ada dua materi utama yang ingin kami sampaikan yaitu Blogspot danWordPress tapi dengan berbagai pertimbangan terlebih banyak diantara peserta baru pertama kali tahu tentang blog, maka kami lebih baik mendalami materi tentang Blogspot saja.
Acara berlangsung cukup lancar. Antusiasme pesertalah yang selalu menyemangati kami. Ternyata usaha keras kami tak sia-sia. Maaf juga pada teman-teman yang belum berkesempatan ikut, karena berbagai keterbatasan kami. Semoga kelak kita bisa mengadakan lagi dengan scope yang lebih besar dan lebih rame lagi. Diharapkan juga dengan adanya pelatihan ini, banyak bibit blogger yang bersemi dan bisa bergabung dengan Loenpia.net. Jadi silahkan teman-teman peserta pelatihan untuk ikut Kopdar Loenpia.net selanjutnya yang diadakan hari Jumat tanggal 4 Agustus 2006 jam 19.00 bertempat di markas besar kita, tangga Masjid Baiturrahman! Ditunggu ya!
Postingan acara blogger tanpa foto? Never!!! Jiwa narcis ini takkan mungkin bisa dipendam. Hehehe…

http://budiyono.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mamet pegang senjata

Mamet pegang senjata

FGD

FGD